Penelitian EWARS Balai Litbangkes Tanah Bumbu Tahun 2020

Published: Wednesday, 16 September 2020


Pada tahun 2020 salah satu penelitian yang dilaksanakan oleh Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu adalah Pengembangan Instrumen Evaluasi Sistem Tanggap Kedarutan Berpotensi KLB di Kabupaten Tanah Bumbu. Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan instrumen evaluasi pelaksanaan EWARS di level Poskesdes, Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten, dan Dinas Kesehatan Provinsi. 

Early Warning Alert And Respon System (EWARS) atau juga disebut dengan Sistem Kedaruratan dan Respon (SKDR) adalah sebuah sistem aplikasi yang berfungsi dalam mendeteksi adanya ancaman indikasi KLB penyakit menular yang dilaporkan secara mingguan dengan berbasis komputer, yang dapat menampilkan sinyal alert atau sinyal peringatan dini adanya peningkatan kasus penyakit melebihi nilai ambang batas di suatu wilayah, dan Alert atau signal peringatan dini yang muncul pada sistem, bukan berarti sudah terjadi KLB tetapi merupakan pra-KLB yang mengharuskan petugas untuk melakukan respons cepat agar tidak terjadi KLB. 

Ketepatan dan kelengkapan laporan Puskesmas yang dilaporkan setiap minggunya melalui format SMS mingguan akan sangat berpengaruh dalam mendeteksi penyakit yang berpotensi KLB, karena semakin tinggi ketepatan laporan maka semakin cepat sinyal peringatan dini (alert) terhadap KLB terdeteksi dan semakin tinggi  tingkat  kelengkapan  laporan  maka  semakin  luas  sinyal  peringatan  dini (alert) terhadap KLB terdeteksi sehingga respon dan penanganan dapat dengan cepat dilaksanakan.

Pengumpulan data SKDR akan dilaksanakan pada 14 Puskesmas dan Poskesdes di Kabupaten Tanah Bumbu, di Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan berupa ujicoba dan pengembangan instrumen evaluasi SKDR serta pengumpulan data SKDR periode bulan Agustus 2020.  Pada instrumen ini juga dikumpulkan data tentang kesiapan surveilans menghadapi penyakit menular baru dalam hal ini Covid-19. 

Pada tanggal 04 September 2020 telah dilaksanakan sosialiasi peneitian Pengembangan Instrumen Evaluasi Sistem Tanggap Kedarutan Berpotensi KLB di Kabupaten Tanah Bumbu pada Kepala Puskesmas dan atau pengelola SKDR di seluruh Puskesmas Kabupaten Tanah Bumbu. Dilanjutkan dengan pengumpulan data secara maraton sampai awal November 2020. 

Output dari penelitian ini adalah mendapatkan instrumen yang established untuk melakukan evaluasi EWARS pada suatu wilayah dengan valid dan akurat. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi EWARS dalam upaya deteksi dini Kejadian Luar Biasa (KLB) di Puskesmas Kabupaten Tanah Bumbu, dan sebagai bahan evaluasi terhadap  program EWARS  yang  berjalan di Kabupaten Tanah Bumbu dan wilayah lain di Indonesia. (Gusty M)

 

 

**********

 

Hits: 32