Hari Peduli Sampah Nasional 2019, ini yang dilakukan Balai Litbangkes Tanah Bumbu

Published: Friday, 22 February 2019

Kegiatan diawali dengan arahan dari Kepala Balai Litbangkes Tanah Bumbu, dr. Hijaz Nuhung, M.Sc. Pada kesempatan ini beliau juga menyatakan bahwa kegiatan in bukan hanya seremoni pada kegiatan Hari Peduli sampah ini saja tetapi menjadi momentum untuk terus menjaga kebersihan dilingkungan kerja masing-masing dan dilingkungan rumah. Beliau juga mengharapkan agar seluruh pegawai menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat.. 

Setelah mandapatkan arahan dari Kepala Balai Litbangkes Tanah Bumbu, kegiatan dilanjutkan dengan pemungutan sampah yang ada dilingkungan Balai Litbangkes Tanah Bumbu yang dilaksanakan oleh seluruh pegawai Balai Litbangkes Tanah bumbu.    

Dicky Andiarsa sebagai salah satu peneliti di Balai Litbangkes Tanah Bumbu pada kegiatan ini juga memperkenalkan cara pembuatan lubang resapan biopori. Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah biopori. Biopori ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos dengan cara memasukan sampah organik kedalam lubang resapan biopori sehingga juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan sampah organik di Balai Litbangkes Tanah Bumbu dan menjadi sumber untuk mendapatkan pupuk alami untuk tanaman yang ada dikantor. (Musdepi A)

 

 

**********

Hits: 464